Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

5 Jenis Hiu Air Tawar

hiu
Sumber/google:okezonetechno

Madingmu.com – Lebih dari 400 spesies hiu yang berbeda diketahui ada saat ini. Beberapa di antaranya adalah spesies air tawar. Satu perbedaan yang signifikan di antara banyak spesies hiu adalah tempat tinggal masing-masing hiu. Sebagian besar hiu hidup di lautan. Lalu, di mana hiu-hiu lainnya tinggal? Banyak hiu bergantung pada garam dalam air laut untuk bertahan hidup. Sebagian besar hiu akan binasa jika sel mereka dibanjiri air tawar. Namun, beberapa spesies dapat bertahan hidup di air payau atau air yang hampir tidak asin. Beberapa spesies hiu telah berevolusi untuk hanya hidup di air tawar.

Di air tawar, hiu dapat ditemukan dalam lima spesies berbeda. Berikut adalah profil masing-masing.

1. Hiu Banteng

Salah satu hiu yang paling umum dan berbahaya di sungai dan danau adalah hiu banteng. Mereka adalah ikan air asin yang dapat bertahan hidup lama di air tawar. Hiu banteng memiliki tubuh yang tebal dan lebar dan dapat mencapai panjang maksimum 11 kaki. Sungai-sungai seperti Nikaragua, Zambezi, dan Mississippi semuanya memiliki mereka di bagian dalamnya.

2. Hiu Speartooth

Baik air tawar maupun air asin adalah rumah bagi hiu speartooth. Mereka adalah penduduk asli Papua Nugini dan Australia. Hiu ini dapat bergerak ke hulu dan kembali ke laut karena pasang naik dan pasang surut. Menurut para peneliti, hiu ini dianggap sebagai spesies hiu paling langka di dunia.

3. Hiu Gangga

Sungai-sungai di India, Bangladesh, Kalimantan, dan Myanmar adalah rumah bagi hiu Gangga. Berbeda dengan hiu lain yang memiliki mata di samping, hiu ini memiliki mata di atas kepalanya. Para ilmuwan berpendapat bahwa mata di atas kepala hiu, yang digunakan untuk mencari mangsa di langit, memungkinkan hiu ini berenang dekat dengan tepi sungai. Hiu ini adalah spesies yang hanya hidup di air tawar.

4. Hiu Pondicherry

Jumlah hiu ini belum diketahui secara pasti. Ketika seorang nelayan menangkap hiu Pondicherry di Sri Lanka pada tahun 2011, para ilmuwan mengetahui bahwa hiu ini belum punah.

5. Hiu Greenland

Hiu ini hidup lama dan tumbuh sangat besar. Mereka memiliki periode pematangan 150 tahun dan masa hidup 500 tahun. Mereka mampu berenang jarak jauh dalam kondisi lautan yang dingin. Di sungai-sungai Kanada, hiu Greenland sering terlihat oleh para peneliti.

Lima jenis hiu yang dapat ditemukan di air tawar adalah sebagai berikut. apakah Anda pernah menjumpai salah satunya?

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.