Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Arti Simbol pada Label Pakaian

69612892 l 1 5e743440776f8

Madingmu.com – Mungkin orang sering beranggapan jika hal yang memengaruhi keawetan suatu pakaian ditentukan oleh kualitas bahannya. Padahal sebenarnya, cara merawat juga memengaruhi apakah pakaian bisa bertahan lama atau tidak.

Biasanya, sebuah pakaian terdapat label yang berisi simbol-simbol tertentu. Namun sayangnya, banyak yang mengabaikan atau tidak memahami arti dari simbol tersebut.

Supaya tahu bagaimana perawatan yang tepat dan pakaian jadi awet, berikut arti simbol-simbol pada label pakaian!

  1. Simbol Wash

simbol wash foto wellandgoodcom

Simbol wash paling sering kita temui di label pakaian. Simbol ini adalah simbol cara pencucian. Ada berbagai jenis simbol wash. Jika kamu melihat simbol dengan gambar tangan berarti pakaian itu hanya bisa dicuci secara manual atau dengan tangan.

Selain itu, ada juga simbol Do Not Wring yang artinya tidak boleh dikeringkan dengan cara diperas. Memahami simbol ini membantu mencegah pakaian menyusut, warnanya memudar, atau benang jadi rusak.

  1. Simbol Temperature

simbol temperature foto wellandgoodcom

Arti dari simbol ini yaitu kamu harus memerhatikan temperatur air yang akan digunakan untuk mencuci barang tersebut. Sebab, beberapa pakaian membutuhkan air panas untuk mencucinya. Perlu diingat, semakin banyak titik yang ada maka semakin panas suhunya.

  1. Simbol Bleaching

simbol bleaching foto wellandgoodcom

Untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian putih, biasanya kamu akan menggunakan pemutih pakaian. Pada label pakaian, simbol segitiga jadi panduan penggunaan pemutih dalam mencuci pakaian.

Jika ada segitiga polos, artinya kamu bisa menggunakan semua jenis pemutih. Apabila segitiga terdapat dua garis di dalamnya, artinya kamu hanya bisa menggunakan pemutih non-klorin. Namun, jika segitiga disertai tanda X, artinya pakaian tidak boleh menggunakan pemutih sama sekali.

  1. Simbol Iron

simbol iron foto wellandgoodcom

Simbol setrika menunjukkan perlu atau tidaknya pakaian untuk disetrika dan level panasnya. Jika simbol ini kosong, maka artinya boleh menyetrika. Jika ada tanda X, maka artinya pakaian tersebut tidak boleh disetrika. Namun, jika pada gambar setrika titiknya berjumlah 1, maka pakaian dapat disetrika pada suhu rendah, titik berjumlah 2 artinya suhu sedang, dan titik 3 artinya suhu tinggi.

  1. Simbol Drying

simbol drying foto wellandgoodcom

Arti simbol di label pakaian yang selanjutnya adalah simbol pengering. Simbol yang polos, artinya bisa mengeringkan pakaian dengan mesin pengering. Sementara untuk simbol dengan tanda X artinya tidak boleh mengeringkan pakaian dengan mesin pengering. Jika di dalam simbol ada titik 1, artinya pakaian bisa dikeringkan pada suhu rendah sedangkan suhu tinggi dilambangkan dengan 3 titik.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.