Kamis , 25 April 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

4 Tips Perawatan Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat

tips merawat kuku agar tetap cantik berkilau dan kuat

Madingmu.com – Kuku mejadi bagian dari tangan yang kerap kali dihias agar tampil lebih cantik dan menarik. Tapi apa kamu senang menghias kuku, dan juga memperhatikan perawatan kuku-kuku cantikmu.

Tidak berbeda dengan perawatan kulit dan tubuh, perawatan kuku juga penting untuk diperhatikan. Tidak banyak yang menyadari ketika kuku mengalami kerusakan dan akhirnya terinfeksi.

Kuku yang sehat tampak mengkilap dengan warna merata. Permukaannya juga halus, tidak ada lekukan ataupun warna berbeda di sepanjang permukaan kuku dan ujungnya.

Dilansir dari laman aad.org dan mayoclinic.org, dokter kulit membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan kuku, agar tetap sehat dan tampil cantik. Berikut ini informasinya.

  1. Menjaga Kebersihan Kuku

12407 original data

Hal yang paling penting dari perawatan kuku adalah menjaga kebersihannya. Pastikan kuku di jari-jarimu selalu bersih dan kering.

Setiap selesai mencuci tangan, kamu juga harus pastikan untuk mengeringkannya dengan benar. Jangan biarkan ujung jari-jarimu lembab. Selain itu, kamu juga tidak disarankan untuk menggunakan sepatu di tempat lembab.

Kondisi yang lembab menyebabkan pertumbuhan mikroba di kukumu. Baik bakteri maupun jamur akan tumbuh dengan mudah, jika kondisi kuku di jari-jarimu kotor dan lembab.

  1. Rutin Memotong Kuku

woman taking care her nails 11zon 1152x768 1

Kuku yang panjang bisa menganggu dan menyebabkan luka lho, oleh karena itu kamu harus rajin memotong kuku. Gunakanlah gunting kuku yang bersih dan tajam. Potong ujung kuku dengan perlahan dan bulatkan ujungnya.

Pastikan kamu tidak memotongnya terlalu pendek, ya. Karena kuku yang dipotong terlalu pendek akan menyebabkan luka dan mudah dalam mengalami infeksi.

Begitu juga dengan kuku yang tumbuh ke dalam, jangan memotongnya jika tidak ingin mengalami infeksi. Kamu bisa menghubungi dokter, jika mengalami masalah yang satu ini, ya.

Setelah dipotong, ujung kuku dapat dikikir untuk merapikannya. Pastikan alat yang kamu gunakan steril dan jangan sampai menggigit kuku untuk memotongnya. Kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan kerusakan pada kuku, lho.

Terkadang, bagian kuku kaki bisa tumbuh dengan tebal dan sulit untuk dipotong.  Kamu bisa merendam kaki dengan air garam hangat sekitar lima hingga sepuluh menit. Kemudian, keringkan kaki dan potong kuku dengan rapi.

  1. Menghindari Bahan Kimia Keras

202201181146 main

Siapa nih, yang suka menggunakan cat kuku? Jika kamu salah satunya, kamu harus pastikan dan memperhatikan bahan yang terkandung dalam produk untuk menghapus catnya. Hindari bahan kimia keras seperti aseton.

Kamu juga disarankan untuk menggunakan sarung tangan ketika mencuci piring. Bahan kimia dari sabun cuci piring yang mengenai kuku terlalu lama, dapat membuat kuku jadi lebih mudah rapuh.

  1. Menggunakan Produk Perawatan Khusus

produk perawatan kukujpeg 20220109122626

Jika kamu bisa merawat kuku dengan menggunakan produk khusus seperti pelembab atau vitamin. Pastikan kamu rajin menggunakan pelembab tangan hingga ke ujung jari. Lengkapi dengan suplemen untuk memperkuat kuku yang dapat mengandung bahan ceramide atau biotin.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.