Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

4 Tips Ini agar Tetap Produktif Bekerja Saat Sedang Puasa

kerja saat puasa cover

Madingmu.com – Saat berpuasa, sangat wajar jika kita menjadi mudah lemas dan mengantuk karena adanya perubahan siklus tidur dan makan. Akan tetapi puasa bukanlah halangan untuk tetap produktif, Justru pahala bekerja saat berpuasa akan lebih besar karena kita berhasil menjalani kesibukan sambil menahan lapar dan dahaga.

Lantas, bagaimana sih cara kita membangun semangat bekerja meski sedang berpuasa? Simak tipsnya menurut Humanica dan Guidance Residential!

  1. Menyusun Skala Prioritas Pekerjaan Sejak Pagi Hari

woman working computer desk from home 1

Dengan menyusun skala prioritas pekerjaan dari yang paling penting dan sulit hingga paling mudah dan tidak mendesak, kamu akan lebih mudah dalam mengurai pekerjaan kamu.

Mulailah dengan mengerjakan tugas sulit di pagi hari, dengan asumsi energi dan fokus kamu masih terkumpul. Kemudian pada siang harinya, kamu dapat mengerjakan tugas yang lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak energi untuk menyelesaikannya.

  1. Tidur Cukup dan Maksimalkan Waktu Istirahat

pexels acharaporn kamornboonyarush 1028741

Usahakanlah untuk tetap tidur cukup selama 7-8 jam ketika berpuasa. kamu juga dapat melakukan power nap, yaitu tidur siang singkat selama 30 menit saat istirahat bekerja.

Menurut National Sleep Foundation, power nap dapat memulihkan kelelahan mental, meningkatkan kinerja, dan meningkatkan kemampuan menerima informasi hingga lima kali lipat.

  1. Sahur Dengan Porsi Makanan Cukup Serta Bergizi

Screenshot 20220423

Sahur sangat penting untuk menjadi sumber energi kita saat bekerja. Maka dari itu, jangan sampai meninggalkan sahur, Makanlah sahur dengan porsi yang cukup, karena makan berlebihan justru akan membuat kamu cepat mengantuk alih-alih mendapat sumber energi lebih.

Selain itu, makanlah sahur dengan komposisi buah, sayur, serat, protein, dan karbohidrat yang seimbang. Makanan yang tinggi serat dapat membuat kenyang lebih lama dan melepaskan energi dengan perlahan. Jangan lupa, penuhi kebutuhan mineral dengan meminum air 1-2 gelas dan hindari kafein karena membuat kita cepat haus.

  1. Jangan Memaksakan Diri

JESHOOTS com

Tidak masalah ketika kamu tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sebanyak saat tidak berpuasa. Rutinitas boleh saja disederhanakan dan tetapkan target yang rasional untuk diri sendiri.

Ketika merasa kewalahan, jangan ragu untuk meminta bantuan pada rekan kerja agar pekerjaan menjadi lebih mudah diselesaikan. Kamu juga dapat mengajak rekan kerja bercengkerama atau merilekskan pikiran sejenak dengan bermain games bersama saat istirahat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.