Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

4 Cara Membangun Komunikasi yang Efektif dan Efisien

komunikasi

Madingmu.com – Tentu saja, komunikasi yang baik, efektif, dan efisien diperlukan saat menjalin hubungan dengan kerabat atau rekan kerja. Oleh karena itu, seorang mahasiswa juga harus belajar bagaimana mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif dan efisien. Hal ini diperlukan agar nantinya ketika bekerja, semuanya berjalan dengan baik. Karena komunikasi hanyalah salah satu teknik untuk merespon lawan bicara. Namun, berpartisipasi membutuhkan lebih dari sekedar merespon. Partisipasi juga membutuhkan komunikasi.

Lantas, bagaimana cara membangun komunikasi yang efektif dan efisien? ini caranya.

1. Mendengarkan lawan bicara

Tentu saja, agar dapat berkomunikasi secara efektif, kita harus mau mendengarkan lawan bicara kita. Biarkan orang lain berbagi pemikiran mereka. Karena jika Anda hanya mementingkan diri sendiri, Anda akan dianggap sebagai individu yang egois. Biarkan pihak lain berbicara dan dengarkan dengan seksama. Mentalitas ini diperlukan dalam suasana kerja yang formal.

2. Ingin mengajukan pertanyaan

Komunikasi yang efektif juga membutuhkan respons dari pihak lain, dan pernyataan yang dibuat oleh lawan bicara membutuhkan respons. Jadi, Anda dapat mengajukan pertanyaan atau menanggapi jika ada sesuatu yang tidak Anda pahami. Kita dapat dianggap sebagai pendengar yang baik jika kita mengajukan pertanyaan dan mendengarkan apa yang ingin disampaikan oleh lawan bicara kita.

3. Berikan fakta-fakta yang spesifik

Langkah selanjutnya dalam mengembangkan komunikasi yang efektif dan efisien adalah menyajikan informasi dengan jelas agar lawan bicara Anda tidak salah menafsirkannya. Menjelaskan fakta secara sederhana dan tepat akan membantu lawan bicara memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Selain itu, saat diminta untuk menyampaikan informasi kepada pihak lain di tempat kerja, jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam menyampaikan informasi. Karena hal ini dapat menimbulkan miskomunikasi dan konflik di antara pihak lain

4. Gabungkan komunikasi verbal dan nonverbal

Tentu saja, komunikasi yang efektif memerlukan komunikasi verbal dan nonverbal. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan komunikasi. Hasilnya, gerakan nonverbal seperti mengangguk atau tersenyum dapat membantu membangun lingkungan yang komunikatif.Ditambah lagi dengan isyarat verbal, seperti menyampaikan informasi atau reaksi secara jelas kepada lawan bicara.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.