Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

3 Kebiasaan Menyimpan Makanan di Kulkas Yang Sering Kali Menjadi Keliru!

633261823c047 1664246146

Madingmu.com – Memiliki makanan dalam jumlah yang banyak, sering kali disimpan dalam kulkas, bukan? Kebiasaan menyimpan makanan semacam ini ternyata seringkali keliru lho. Bukan tidak boleh, tetapi terdapat cara yang lebih baik untuk menyimpannya dibandingkan di simpan di dalam kulkas.

Tidak bisa dipungkiri, menyimpan makanan tertentu di dalam kulkas dapat mempengaruhi warna, tekstur, maupun cita rasa makanan tersebut.

Berikut ini, ada 3 kebiasaan menyimpan makanan di kulkas yang sebenarnya jika tidak disimpan dalam kulkas pun jauh lebih baik.

  1. Kebiasaan Menyimpan Kentang Mentah di Kulkas

potato g1e4315f9c 1280 1jpg 20220320022821

Menyimpan kentang di kulkas ternyata tidak sepenuhnya baik lho untuk kondisi dan nutrisi kentang itu sendiri. Meskipun, suhu dingin sangat ideal untuk penyimpanan kentang.

Kenapa kentang mentah tidak boleh disimpan dalam kulkas? Dilansir dari Healthline, suhu dingin kulkas mampu meningkatkan jumlah gula pereduksi dan menjadikannya lebih karsinogenik saat digoreng atau dipanggang.

Lantas, cara menyimpan kentang yang baik adalah dengan meletakkannya di ruang bawah tanah yang sejuk atau gudang dengan suhu antara 6-10°C. Kisaran suhu tersebut sedikit lebih hangat daripada kulkas dan mampu membuat kentang mentah bertahan lebih lama hingga berbulan-bulan.

Selain itu, pastikan kentang disimpan dalam kantong kertas atau wadah lain yang memiliki lubang sebagai ventilasi. Cara ini dapat membantu mencegah akumulasi kelembaban yang menyebabkan pembusukan.

Terakhir, jangan sandingkan kentang mentah dengan makanan yang telah matang seperti buah pisang, tomat, dan bawang bombay. Kenapa? Gas etilen yang dilepaskan pada makanan tersebut dapat membuat kentang bertunas lebih cepat.

Menyimpan kentang pada suhu sejuk (sedikit diatas suhu kulkas) dan terhindar dari cahaya matahari maupun lampu adalah cara terbaik untuk memperpanjang umur simpan dan mempertahankan kandungan vitamin C-nya.

  1. Saus Pedas Disimpan Dalam Kulkas

20220630 082117jpg 20220630082420

Pasti sebagian dari kamu ada yang pernah menyimpan saus pedas di dalam kulkas. Alasannya apa sih? takut nanti rasa sausnya berubah?

Umumnya saus pedas cukup mengandung cuka. Cuka yang ada dalam saus pedas, sebagian besar telah membantu menghentikan pertumbuhan bakteri atau jamur di dalamnya. Jadi, tanpa dimasukkan ke dalam kulkas pun, saus pedas yang kamu miliki tetap segar dan nikmat saat disantap.

  1. Kebiasaan Menyimpan Melon

395a19cc 1f02 4f79 a885 21ab5806831d 1699955156

Merujuk United States Department of Agriculture, umumnya suhu paling optimal dalam menyimpan melon adalah 7-10°C. Sementara melon matang lebih menyukai suhu 2-5°C. Dalam kedua suhu tersebut, umur simpan melon dapat bertahan selama 15-21 hari.

Melon utuh (belum dikupas dan dipotong) lebih dianjurkan untuk disimpan dalam suhu ruangan. Menyimpan melon pada suhu ruangan bisa menjaga kandungan antioksidan dalam melon tetap utuh.

Lalu, bagaimana cara menyimpan buah melon yang sudah dipotong? Melon yang sudah dipotong-potong, perlu dibungkus terlebih dahulu menggunakan plastik wrap sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Potongan melon yang disimpan dalam kulkas dapat bertahan hingga 3-4 hari.

Master Chef Pankaj Bhadouria menjelaskan bahwa melon tidak seharusnya disimpan dalam kulkas. Sebab, hal itu dapat mengubah warna, tekstur, dan rasa melon.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.