Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineKilas Pendidikan

10 SMK Negeri yang Dikenal dengan Jurusan Seni, Intip Lokasinya

2

madingmu.com – Adakah yang tertarik untuk mempelajari dan mendalami seni? Di Indonesia, beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikenal dengan jurusan seni. Di sekolah-sekolah ini, berbagai bakat seni dapat diasah dan dipelajari.

Fokus awal pada suatu bidang, terutama seni, bisa dimulai sejak di bangku sekolah sebelum melanjutkan ke perguruan tinggi. Bakat seperti seni rupa, seni tari, seni musik, dan lainnya bisa dipelajari dengan fokus di SMK dengan jurusan tertentu. Mengutip laman Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kejuruan, beberapa SMK Negeri di Indonesia yang bisa diincar untuk melanjutkan pendidikan seni.

1. SMK Negeri 3 Sukawati Bali

Sekolah kejuruan seni ini dulunya bernama SMK Negeri Denpasar. Sekolah ini beralamat di Jalan Taak Indah, Batubulan, Sukawati, Gianyar.
SMK Negeri 3 Sukawati menawarkan beberapa jurusan kesenian, antara lain Tari Bali, Pedalangan, Karawitan, dan Musik Non-Klasik.

2. SMK Negeri 12 Surabaya

SMK Negeri 12 Surabaya telah menjadi sekolah seni paling berpengaruh di Jawa Timur. Beberapa jurusan yang tersedia antara lain Seni Musik, Seni Tari, Seni Karawitan, Seni Pedalangan, Seni Teater, Seni Lukis, Kriya Kreatif dan Rotan, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Produksi Film, Desain Komunikasi Visual, dan Animasi.

Sekolah ini juga dikenal dengan sederet prestasi dan meluluskan para pegiat seni yang inspiratif. Baru-baru ini, alumni SMKN 12 Surabaya tahun 2020 memenangkan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2023.

3. SMK Negeri 8 Surakarta

SMKN 8 Surakarta dikenal memiliki banyak jurusan seni, antara lain Seni Karawitan, Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Pedalangan, Seni Musik, dan Seni Teater.

4. SMK Negeri 1 Kasihan Bantul Yogyakarta

Sebagai kota pelajar, Provinsi Yogyakarta juga memiliki SMKN 1 Kasihan yang dikenal sebagai destinasi pendidikan seni. Sekolah yang berlokasi di Bugisan ini memiliki empat kompetensi keahlian: Seni Tari, Karawitan, Pedalangan, dan Seni Peran.

5. SMK Negeri 3 Banyumas

Berlokasi di Sudagaran, Banyumas, SMK ini memiliki kompetensi keahlian di bidang seni, antara lain Seni Tari, Karawitan, Pedalangan, Seni Musik, dan Seni Penyiaran dan Film.

6. SMK Negeri 10 Bandung

Tidak hanya memiliki kompetensi keahlian Seni Karawitan, Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Teater, SMKN 10 Bandung juga memiliki kompetensi keahlian Seni Broadcasting dan Seni Film.

 7. SMK Negeri 14 Bandung

Seperti halnya SMKN 10 Bandung, SMKN 14 Bandung merupakan salah satu sekolah kejuruan dengan kompetensi keahlian seni, antara lain Desain Komunikasi Visual, Animasi, dan Kriya Kreatif Kayu dan Rotan. Kriya Kreatif Logam dan Perhiasan, Kriya Kreatif Kulit dan Imitasi, Kriya Kreatif Batik dan Tekstil, dan Kriya Kreatif Keramik.

8. SMK Negeri 58 Jakarta

SMK ini memiliki beberapa kompetensi keahlian yang berhubungan dengan seni, antara lain Desain Komunikasi Visual, Kriya Batik dan Tekstil Kreatif, Kriya Logam dan Perhiasan Kreatif, Kriya Kayu dan Rotan Kreatif, dan Seni Lukis.

9. SMK Negeri 7 Padang

SMKN 7 Padang memiliki kompetensi keahlian Seni Pertunjukan Minang, seperti Tari Minang, Karawitan Minang, Seni Teater, dan Musik Non-Klasik.

10. SMK Negeri 2 Gowa

Di wilayah Sulawesi, SMKN 2 Gowa dikenal dengan pendidikan di bidang seni. Sekolah ini berlokasi di Sungguminasa, Somba Opu, Gowa. Jurusan yang tersedia antara lain Musik Populer, Seni Tari, dan Karawitan.

Nah, itulah beberapa contoh sekolah kejuruan di Indonesia yang dikenal dengan kompetensi di bidang seni. Adakah sekolah yang menjadi incaran kalian?

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.