Selasa , 22 Oktober 2024
Serba SerbiHeadlineHiburanTerpopuler

Aturan Mudik dan Arus Balik

Tips Perencanaan Keuangan Mudik Lebaran 2023

Madingmu.com – Dikutip dari Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021, mudik adalah kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Mudik menjadi momen seru dibulan Ramadhan, namun di tahun ada beberapa ketentuan yang wajib kamu baca dan kamu share ke orang tua kamu. Dalam Sekretariat Kabinet Republik Indonesia menjelaskan beberapa aturan mudik terbaru dalam beberapa poin, berikut detailnya:

  1. Program Mudik Gratis

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa jumlah pemudik di tahun 2023 diperkirakan akan mengalami peningkatan. Libur Idulfitri 1444 Hijriah akan mencapai 123 juta orang atau naik sekitar 47% secara nasional. Guna mencegah risiko kecelakaan bagi pengendara motor, pemerintah menyiapkan beberapa program mudik gratis. Beberapa kendaraan yang digratiskan diantaranya: moda bus, kapal laut dan juga kereta api.

  1. Hindari Bepergian di Puncak Arus Mudik

Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-1 (Jumat 21 April 2023). Diketahui, akan terjadi pergerakan sebesar 14,3% (17, 7 juta orang). Untuk menghindari kepadatan di jalan raya, sebaiknya masyarakat untuk mudik dengan lebih dini. Sementara itu, prediksi puncak arus balik terjadi pada H+7 Idulfitri, yakni 30 April 2023.

  1. Tidak Disarankan Mudik Dengan Motor

Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor. Mudik dengan motor diyakini cukup membahayakan bagi diri sendiri atau orang lain. Terlebih, jarak tempuh yang jauh serta ketidaknyamanan di jalan raya menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan. Aturan mudik dengan diberlakukan program mudik gratis, diharapkan bisa mencegah hal ini terjadi.

  1. Akan Ada Rekayasa Lalu Lintas

Berdasarkan survei, hampir 40 juta orang memilih menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Dengan demikian, aturan mudik tebaru 2023 juga meliputi rekayasa lalu lintas. Ditjen Perhubungan Darat dan Korlantas Polri akan berlakukan rekayasa lalu lintas, antara lain:

  • Contra Flow & One Way
  • Manajemen Rest Area
  • Optimalisasi Gardu Gerbang Tol dan Mobile Reader Percepatan Penanganan Petugas Jalan Tol
  • Pembatasan Pengoperasian Mobil Barang
  1. Layanan Call Center Pengisian Bensin di Jalan
BACA JUGA  Sudah Menjadi Tradisi Tiap Lebaran, Ini Dia Sejarah Mudik yang Ada di Indonesia

Aturan mudik 2023 saat ini telah diberlakukan Call Center 135 untuk pengendara bisa menelfon kapan dan di mana pun. Call Center 135 akan menyuplai kebutuhan bensin ke lokasi kendaraan kamu.

  1. Penambahan Rest Area Antisipasi Kepadatan

Guna mencegah kepadatan di suatu tempat, pemerintah menambah beberapa titik rest area di sejumlah tempat :

  • 79 Rest Area Tipe A
  • 38 Rest Area Tipe B
  • 10 Rest Area Tipe C

Fasilitas yang disediakan akan berbeda berdasarkan tipenya, baik meliputi tempat ibadah, area makan, hingga layanan toilet.

  1. Ganjil Genap Diberlakukan saat Lebaran

Aturan mudik 2023 lainnya meliputi sistem ganjil genap yang berlaku pada hari Lebaran. Hal tersebut tertuang melalui Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah. Menurut Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, akan ada pemberlakuan one way, contra flow, dan ganjil genap secara serentak pada arus mudik.

  1. Catat Nomor Darurat

Agar perjalanan mudik semakin nyaman dan lancar kamu wajib mencatat nomor-nomor penting Call Centre berikut :

  • Pusat Krisis Kementerian Kesehatan: 0812-1212-3119
  • Ambulans: 118 atau 119, dan 021-653-031-18
  • BPJS Kesehatan: 1-500-400
  • Pertamina Delivery Service: 135
  • Informasi Jalan Tol: 0813-8006-8000
  • Jasa Marga: 14080
  • Direktorat Lalu Lintas Polri: 021-798-9702

Pastikan kamu sudah paham betul setiap point diatas ya. Selamat mudik ya guys, Hati-hati di jalan, semoga selamat sampai tujuan dan berbahagia bersama keluarga di kampung halaman.

 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.