Selasa , 23 Juli 2024
Editor's Pick

4 Kuliner Unik yang Ada di Indonesia

Gulai Siput Merdeka 1
This image has an empty alt attribute; its file name is Gulai-Siput-Merdeka.jpg

Selain dikenal dengan suku dan budayanya yang beragam indonesia juga memiliki ragam kuliner selain kuliner di indonesia terkenal enaknya karena mengandung rempah rempah yang sangat beragam ada juga kuliner yang unik nih temen-temen, bisa jadi kalian juga belum mendengarnya.

daripada penasaran yuk langsung aja kita bahas, ini dia 4 kuliner unik yang ada di Indonesia.

1.Amplang dadiah

Makanan khas Sumatera Barat ini merupakan salah satu makanan unik yang bisa kamu temukan di Indonesia. Kuliner unik khas Indonesia ini terdiri dari ampiang dan dadih. Ampiang sendiri merupakan pangan yang terbuat dari beras ketan dan ditumbuk, sedangkan dadih adalah susu kerbau yang difermentasi.

Dadih ini diolah dengan cara tradisional khas Minangkabau, yakni disimpan dalam potongan bambu dan disimpan selama beberapa malam. Campuran ampiang dan dadih tersebut disajikan dalam satu mangkuk yang lengkap dengan es serut. Rasa makanan unik satu ini sangat segar dan manis karena memiliki kandungan santan dan gula merah.

2.Gulai siput

Gulai Siput Merdeka

Mendengar kuliner gulai ayam sih udah biasa, tapi pernahkah kamu mencicipi gulai siput? Siput atau keong merupakan hama padi yang kerap dijadikan pakan bebek. Tapi, siapa yang menyangka kalau hewan yang satu ini ternyata bisa diolah menjadi masakan unik lezat.

Sedikit berbeda dengan keong, siput memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasanya gurih. Di kawasan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, olahan kuliner unik satu ini cukup populer.

3.Botok tawan

Botok Tawon MerahPutih

Kuliner unik asal Indonesia selanjutnya bisa kamu temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di daerah-daerah tersebut, sarang tawon atau lebah biasa dikonsumsi dan diolah menjadi masakan yang menyehatkan karena tinggi protein dan dikenal dengan nama Botok Tawon. Masakan unik khas Indonesia ini dilengkapi dengan daging kelapa muda dan petai cina. Rasanya gurih, nikmat, dan cocok dikonsumsi bersama dengan nasi putih. berani coba?

4.Sate kere

Sate Kere shutterstock 1510220981

Kalau sate biasa diolah menggunakan daging sapi atau ayam, sate kere nggak menggunakan keduanya. Makanan unik asal Solo yang satu ini terbuat dari potongan tempe gambus atau sejenis tempe yang terbuat dari ampas tahu. Maka dari itu, kuliner unik di Indonesia selanjutnya ini dinamakan sate kere alias sate miskin. Selain dari tempe gambus, sate kere juga biasanya dibuat dari jeroan sapi, seperti paru atau usus.

itulah beberapa kuliner unik yang ada di Indonesia yang dapat kamu temui di berbagai daerah. tentu selain kuliner yang ada diatas, masih banyak lagi kuliner unik yang bisa dijumpai di Indonesia. Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah dan bahan masakan melimpah, tentu nggak heran dong kalau Indonesia punya jenis masakan yang unik-unik. Tertarik cicipi langsung keunikan kuliner tersebut?

Kategori Konten

Kilas Pendidikan219
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa168
Beasiswa308
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1677
Terpopuler1627
Opini10
Serba Serbi699




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.